Blog single

Presiden Joko Widodo Resmikan RS Modular Tanjung Duren

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Operasional RS Modular Tanggap Darurat Covid-19 Tanjung Duren - Jakarta Barat, Jumat (6/8) pagi. Turut hadir mendampingi Presiden; Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati.

Presiden berharap kehadiran RS Modular Tanggap Darurat Covid-19 Tanjung Duren akan memberikan kualitas layanan kesehatan yang prima. “Saya sangat berterima kasih kepada Menteri BUMN, kepada Pertamina yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular Pertamina ini,” ujar Presiden.

Dengan luas bangunan mencapai 11.300 meter persegi, rumah sakit tersebut memiliki kapasitas 305 tempat tidur, yang terdiri atas tempat tidur isolasi, tempat tidur High Care Unit (HCU), dan Intensive Care Unit (ICU).

“Lebih bagus lagi ada juga ICU khusus untuk anak-anak dan bayi, dan ibu-ibu sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Saya sangat mengapresiasi, sekali lagi, semoga ini bisa bermanfaat bagi rakyat, bagi masyarakat,” jelas Presiden.

Sebagai informasi, proses pembangunan rumah sakit sudah berjalan sejak awal 9 Juli 2021.Lingkup pekerjaan WEGE mencakup struktur, arsitektur, landscape, dan MEP, termasuk MEP spesialis untuk bedhead serta negative pressure.

RS Modular berkapasitas sekitar 305 tempat tidur ini dilengkapi fasilitas terlengkap antara lain ruang operasi, ruang laboratorium, radiologi (CT Scan dan X-Ray), dan ruang pemulasaraan jenazah.

Sama seperti RS Modular Simprug, RS Modular Tanjung Duren ini dilengkapi instalasi hemodialisis untuk terapi cuci darah bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan cuci darah, serta ruang bersalin bagi ibu hamil positif Covid-19.

Selain itu, RS Modular Tanjung Duren ini dilengkapi juga dengan teknologi negative pressure dan filter HEPA sehingga udara yang dilepaskan ke luar rumah sakit tetap aman untuk lingkungan.

Sebelumnya, WEGE juga telah berpengalaman membangun rumah sakit modular sejenis, seperti di RSKI Pulau Galang, Kepulauan Riau, RS Modular Cempaka Putih dan RSPP Extension Modular Simprug Jakarta selatan

Khusus, di RSPJ Cempaka Putih dan RSPP Extension COVID-19 Simprug WEGE meraih rekor MURI sebagai sebagai Pelaksana Alih Fungsi RS BUMN menjadi RS Rujukan COVID-19 Tercepat dan pelaksana pembangunan RS BUMN Rujukan COVID -19 Modular dengan Ruang Rawat Inap Terbanyak.