Blog single

Implementasi Teknologi Modular Pada Pembangunan RS Darurat Covid-19, CASE UP 2020

Civil Annual Seminar Event (CASE UP) 2020 merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, dengan tema pada tahun ini "Implementasi Teknologi Modular Pada Pembangunan Rumah Sakit Darurat COVID-19" yang dilaksanakan pada tanggal 24  Oktober 2020.

 

CASE UP 2020 diisi dengan pemaparan materi oleh Ir. Bobby Parluhutan selaku Manager Divisi Modular & Konsesi WIKA Gedung, Dr. Arianta yang menjabat sebagai Kepala Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertamina, dan juga penjelasan mengenai Implementasi Teknologi Modular pada Pembangunan Rumah Sakit Darurat Covid 19 oleh Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp. BTKV (K), MPH yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC.

 

Menurut Dr.dr. Fathema, ada beberapa hal yang menjadi alasan memilih Teknologi Konstruksi Modular pada pembangunan RSPP Simprug, yaitu:

  1. Cepat dan Efisien, proses perakitan berada di luar area pekerjaan dengan waktu pemasangan singkat.
  2. Ringan dan Kokoh, menggunakan struktur baja dengan konstruksi lebih ringan dan kokoh.
  3. Ramah Lingkungan, menggunakan material yang efisien dan efektif.

Selain itu ruangan terlihat sangat nyaman, dan terpenuhinya seluruh kebutuhan Rumah Sakit seperti jarak antar pasien dan pencahayaan yang cukup.

 

Sedangkan menurut Dr. Arianta dalam pemaparannya menjelaskan bahwa sistem Modular jika dibandingkan dengan konvensional lebih cepat karena pekerjaan dapat dikerjakan secara paralel. Kondisi lapangan dan cuaca dalam mempengaruhi hasil pekerjaan relatif lebih kecil karena produksi yang dilakukan di pabrik. Untuk ketepatan dan dimensi, sistem dan metode produksi dibuat sedemikian rupa sehingga ketepatan dimensi tidak tergantung dari skill pekerja sehingga mutu yang dihasilkan lebih terjamin, dan resiko biaya tak terduga juga menjadi relatif lebih mudah untuk dikendalikan.

 

Dan dalam paparan Ir. Bobby Parluhutan menyebutkan salah satu kelebihan Modular pada RSPP Simprug adalah adanya sirkulasi udara yang baik dalam ruangan karena dilengkapi dengan Negative Pressure dan dilengkapi dengan HEPA Filter untuk memfiltrasi virus dan bakteri dalam udara. Selain itu, sudah ditentukan outlet untuk penempatan MEP sehingga terlihat bersih dan tidak ada kabel yang terlihat berantakan di dalam ruangan.

 

Untuk pemaparan lebih lengkap dari acara CASE 2020 bisa langsung dilihat di kanal youtube Modular Wika Gedung http://bitly.ws/g4FF