Blog single

Track Record Modular WEGE di Tanah Air

Penerapan Sistem Konstruksi Modular WIKA Gedung dalam Pembangunan IKN oleh Kementerian PUPR telah berhasil merevolusi industri konstruksi di Indonesia. Dengan fokus pada kecepatan dan kualitas, WIKA Gedung berhasil menyelesaikan 12 tower Hunian Pekerja Konstruksi dalam waktu singkat, mencatatkan rekor dalam industri konstruksi tanah air dengan tinggi empat lantai. Pada proyek ini, WEGE mengerjakan pekerjaan design and build, landscape, dan hardscape. Menggunakan teknologi modular WGF sebanyak 1.739 unit yang didalamnya sudah termasuk MEP dan kelengkapan fasilitas ruangan seperti tempat tidur dan lainnnya.

Adapun fasilitas pendukung lainnya yang turut dibangun adalah ruang serbaguna (mess hall), toko, kantor, tempat ibadah dan klinik kesehatan. Semua pembangunan ini sesuai arahan Presiden bahwa pembangunan HPK beserta fasilitas pendukung dimaksudkan agar tidak ada rumah-rumah liar yang pemicunya berasal dari bedeng-bedeng. Harapannya, IKN menjadi Kota yang indah tanpa terlihat kumuh.

Konstruksi modular WIKA Gedung menawarkan efisiensi waktu dan keberlanjutan lingkungan, dengan proses produksi di pabrik yang mengurangi keterbatasan bahan baku di lapangan. Berbagai varian, seperti WG Flatpack, Modular Lite, dan Modular Volumetrik, memberikan solusi untuk berbagai jenis proyek, dari residensial hingga bangunan komersial, sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, modular WIKA Gedung telah lulus uji struktural, arsitektural, dan kegempaan dari instansi resmi, menunjukkan komitmen terhadap standar kualitas dan keamanan. Dengan demikian, penerapan sistem konstruksi modular WIKA Gedung tidak hanya mempercepat pembangunan IKN, tetapi juga mendukung visi pemerintah dalam menciptakan ibukota yang berkelanjutan dan efisien.

Perlu diketahui bahwa Modular WEGE selama ini telah terbukti memberikan kontribusi yang signifikan dalam berbagai proyek dan event penting.

Mulai dari pembangunan Rumah Sakit Covid-19 di sejumlah daerah, 50 Garasi dalam Pit Building Sirkuit Internasional Mandalika, 12 Tower Hunian Pekerja Konstruksi IKN dengan total kapasitas 16.860 pekerja, Klinik Darurat Modular pasca gempa Cianjur, fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Modular, fasilitas penyiaran pada perhelatan Piala Dunia U-17 2023, serta fasilitas kafetaria di Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Terbukti sebanyak enam Rekor MURI telah diraih dari proyek-proyek yang digarap WEGE dengan menggunakan teknologi Modular, antara lain; proyek Rumah Sakit Covid-19 Galang-Batam dan Simprug-Jakarta Selatan, Modular Pit Building Mandalika, hingga Hunian Pekerja Konstruksi IKN.

Modular WEGE terus berinovasi dalam mengembangan metode-metode terbaik untuk menjawab tantangan industri konstruksi. Selain Modular Lite dan WG Flatpack yang telah banyak digunakan untuk bangunan 1-4 lantai, baru-baru ini WEGE juga mengembangkan sistem konstruksi modular Volumetrik yang 90% dipabrikasi, untuk bangunan diatas 10 lantai.