Blog single

Mengenal Paddock Sirkuit Mandalika, Tempat Sakral Para Pebalap

Gelaran ajang MotoGP seri Mandalika telah dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022 namun euphoria dari event balapan international tersebut masih dapat dirasakan.

Area paddock Sirkuit Mandalika berada di satu gedung yang sama dengan VIP Premier Class di sebelah barat, dekat dengan garis start. Kendati demikian, pemegang kategori tiket yang dibanderol Rp 15 juta (tiket terusan) itu tak bisa asal selonong masuk ke paddock. Pasalnya, di bawah kelas VIP Premiere Class merupakan garasi tiap tim yang bisa dibilang tempat paling ‘sakral’. Dengan begitu, tak sembarang orang bisa lalu-lalang di sekitar area tersebut. Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dorna menjaga ketat area ini. Jadi, diperlukan tanda pengenal khusus untuk bisa memasuki area paddock. 

Lantas, ada apa saja di tempat tersebut?

Saat melewati gerbang penjagaan, langsung terdengar bunyi keras air bertekanan tinggi. Asal suara tersebut datang dari bagian belakang garasi tiap tim di mana kru membersihkan bagian-bagian motor yang kotor.

Kondisi garasi setiap tim di paddock juga berbeda-beda. Beberapa tim Moto3 dan Moto2 hanya menggantung spanduk mereka di belakang, sedangkan beberapa tim MotoGP memasang panel karbon untuk menutup garasi.

Beberapa pebalap dan kru terlihat mondar-mandir di area ini. Pasalnya, ruangan para pebalap berada tepat di belakang garasi, bangunan ruangan para pebalap memanjang dan disekat-sekat tiap timnya.

Para pebalap menempati ruangan yang cukup kecil, sekitar 3x4 meter. Hal itu karena tiap tim tak membawa truk trailer milik mereka ke Sirkuit Mandalika, seperti yang mereka lakukan di seri-seri Eropa.

Selain garasi dan ruangan para pebalap. Area paddock juga diisi dengan tempat penyimpanan ban, sehingga tak jarang ada kru yang lalu-lalang membawa lebih dari dua pasang ban dengan troli.

Selain itu, ada juga bangunan hospitality yang disediakan Dorna. Tempat tersebut merupakan area di mana para pebalap dan kru tim menyantap kudapan di sela-sela aktivitas balap selama di Sirkuit Mandalika.

 

Source: kumparan.com