Blog single

RSPP Modular Extension COVID-19 Siap Beroperasi

Modular WEGE menyulap lapangan bola Simprug menjadi rumah sakit rujukan COVID-19. Setelah sebelumnya WEGE turut sukses merenovasi dan membangun Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort Jakarta sebagai rumah sakit rujukan Covid -19.

RSPP Extension Covid-19 merupakan Rumah sakit darurat modular extension dari RS Pusat Pertamina dibangun diatas lahan seluas 10.200 meter persegi. WEGE memulai pekerjaan konstruksi sejak 21 April 2020 dan ditargetkan RS ini dapat beroperasi pada 8 Juni 2020.

Rumah sakit ini memiliki kapasitas 300 bed yang terdiri dari 240 bed non-ICU, 31 bed ICU, 19 bed HCU, dan 10 bed IGD. Seluruh ruangan di RS Covid-19 Simprug sesuai negative pressure dan filter HEPA sehingga udara yang dilepaskan keluar rumah sakit tetap aman untuk lingkungan. Selain itu, didukung pula peralatan canggih seperti CT Scan 32/64 slice, CCTV 2 arah, hingga central monitor

RSPP Extension Covid-19 dibangun menggunakan konsep prefabricated-construction, yaitu menggunakan teknologi Modular WEGE. Sistem ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain, tahan gempa, pelaksanaan konstruksi dapat dilakukan cepat, dan dilakukan dengan knock-down system. Metode konstruksi yang dipakai adalah Metode Kit Building, yaitu metode yang komponen bangunannya dibuat di pabrik untuk kemudian dirakit di site.

Fasilitas-fasilitas kesehatan lain dibangun untuk dapat memberikan layanan yang prima, antara lain ruang dokter, ruang perawat, nurse station, instalasi jenazah, instalasi sterilisasi, laboratorium (PCR, Hematologi dan AGD), instalasi farmasi, pusat gizi, instalasi screening, ruang radiologi, ruang operasi hingga ruang dekontaminasi.